7 Manfaat Jahe Bagi Kesahatan

Berikut ini tujuh  manfaat jahe bagi kesehatan kita, semoga dengan adanya artikel ini bisa memotivasi kita agar membudidayakan rempah indonesia :
  • Menekan Nafsu Makan
    Jahe dapat membuat anda merasa kenyang, menekan nafsu makan anda dan pada akhirnya mengurangi asupan kalori harian anda. Sebuah studi tahun 2012 yang dipublikasikan di jurnal Metabolism menemukan orang-orang yang meminum minuman jahe panas yang mengandung 2 gram bubuk jahe setelah makan mengurangi rasa lapar hingga enam jam.
  • Meredakan Lelah Otot
    Saat kita berolahraga, otot kita secara alami menjadi lelah. Salah satu cara untuk membantu mempercepat pemulihan otot adalah dengan mengunyah akar jahe. Studi telah menunjukkan orang-orang yang makan jahe mengalami penurunan rasa sakit otot yang signifikan, yang memungkinkan orang untuk kembali berolahraga dalam waktu yang lebih singkat.
  • Meredakan Mulas
    Mulas adalah gejala utama dari acid reflux, atau gastroesophageal reflux disease (GERD), suatu kondisi umum yang mempengaruhi hampir 30 persen orang indonesia. Saat ini banyak para penderita maag menggunakan obat yang mampu penghambat asam untuk mengobati sakit maag. Menurut dokter, jahe telah ditemukan memiliki efek gastroprotektif, yang bisa mencegah pelonggaran sfingter esofagus bagian bawah (LES) dan menghambat asam dari muntah. Ini juga membunuh bakteri berbahaya, seperti helicobacter pylori. Jenis bakteri ini terkait dengan acid reflux. Untuk hasil yang baik, minumlah satu cangkir teh jahe setiap 20 menit sebelum makan.
  • Mencegah Kanker
    Saat ini, banyak orang terkena penyakit kanker namun tidak banyak yang tahu kalau jahe mampu mengatasi kanker. Bagaimana cara memanfaatkannya, caranya sangat mudah tambahkan jahe ke dalam makanan harian anda. Dari beberapa penelitian telah menemukan manfaat jahe dalam memerangi kanker paru-paru, prostat, ovarium, usus besar, payudara, kulit, dan pankreas. Menurut penelitian, sifat anti kanker pada jahe adalah hasil dari senyawa 6-gingerol, yang ditemukan dalam jumlah besar dalam jahe mentah. 6-gingerol memiliki aktivitas anti-bakteri, anti inflamasi dan anti-tumor. Menambahkan jahe ke makanan anda dapat membantu mencegah sel kanker baru membentuk dan menghancurkan yang aktif. Ini juga bermanfaat bagi orang-orang yang sudah menjalani perawatan kanker karena jahe telah dikenal untuk mencegah efek toksik obat kanker efektif. Dalam sebuah penelitian dengan 744 pasien kanker, suplemen jahe secara signifikan mengurangi kemoterapi yang disebabkan mual.
  • Membantu Irritable Bowel Syndrome (IBS)
    IBS adalah kelainan umum yang mempengaruhi hampir 30 juta di beberapa negara. Beberapa gejala meliputi kram, kembung, gas, diare, sembelit, dan lendir di tinja. Maka cara yang tepat menangani masalah ini adalah jahe bisa membantu merilekskan usus saat beraktifitas.
  • Membantu Mengelola Kadar Gula Darah
    Penelitian di luarnegeri menunjukkan bahwa jahe dapat membantu menjaga kadar glukosa darah. Hal ini penting karena tingkat ini memiliki dampak langsung pada penurunan berat badan dan penambahan berat badan, serta seberapa lesu yang anda rasakan sepanjang hari. Jika kita perhatikan diri kita mengapa terjadi lesu begitu cepat hal ini terjadi akibat kadar gula darah.
  • Melindungi Penyakit Alzheimer
    Penyakit Alzheimer adalah gangguan neurodegeneratif progresif yang mempengaruhi sistem saraf pusat. Penyakit Ini menyumbang hampir 60-70 persen kasus demensia pada orang berusia di atas 65 tahun di seluruh dunia. Jika Alzheimer berjalan di keluarga kita maka hal ini menjadi perhatian kita bersama, maka saat ini juga mulailah membuat makanan anda memakai jahe. Penelitian menjelaskan jahe mampu membantu memperlambat hilangnya sel otak, sebagai menyebabkan Alzheimer. Selain itu, beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa antioksidan dan senyawa kuat lainnya yang ditemukan pada jahe dapat melawan respons inflamasi yang terjadi pada otak.
    Baca Juga Solusi Masalah Sakit Gigi
Jahe
Demikian manfaat jahe bagi kesehatan semoga memberi pelajaran buat para pembaca, mulai sekarang mari cegah penyakit dengan memanfaatkan bumbu dapur sebagai obat tradisional.

Subscribe to receive free email updates: