10 Obat Jerawat Paling Ampuh

Satukabar.com - Jerawat memang hal yang tidak bisa terelakkan oleh kita apalagi saat kita beranjak dewasa, dengan banyaknya jerawat membuat kita kurang percaya diri. 
Mengobati jerawat secara alami, obat jerawat, obat jerawat ampuh

Namun masih banyak diantara kita menganggap bahwa hal yang menyebabkan terjadinya jerawat adalah karena kurangnya membersihkan muka secara rutin. Dengan adanya cerita dongeng tersebut Anda sering terlalu sekali membersihkan muka setiap hari bisa sampai 4-5 kali.

Membersihkan muka terlalu sering bisa membuat wajah Anda semakin berjerawat karena semakin sering Anda bersihkan  minyak pada wajah justru berkurang hingga menyebabkan kulit akan terus banyak memproduksi minyak secara berlebihan. Cuci muka cukup saat Anda berwudhu bagi yang muslim.
Lihat : Faktor Penyebab Kanker

Penyebab lain terjadinya jerawat


1. Handphone yang kotor

Banyak diantara kita tidak tahu bahwa handphone yang kita pakai sehari-hari lebih kotor dibandingkan barang lain, kita tahu bahwa handphone tidak pernah kita cuci dan tentunya menjadi sarang bakteri selama bertahun-tahun. Ketika kita menggunakannya tentu akan pindah kewajah kita, sehingga memudahkan bakteri bersarang diwajah kita.

2. Konsumsi makanan tak sehat

Makanan mengandung lemak tinggi tidak baik untuk diri kita, maka hindari makanan yang berlemak tinggi untuk menghindari terjadinya pertumbuhan jerawat.

3. Memencet jerawat

Jangan pernah memencet jerawat sekalipun Anda risih, karena dengan memencet jerawat akan memicu tersumbatnya pori-pori. Selain itu dengan memencet jerawat akan menimbulkan bekas, tentunya membuat wajah Anda semakin rusak.

Cara menghilangkan jerawat secara alami

Setelah Anda mengetahui apa penyebab pertumbuhan jerawat, selanjutnya kita juga harus mengetahui bagaimana cara menghilangkan jerawat.

1. Menggunakan soda kue dan air

Soda kue tidak hanya dipakai sebagai bahan pembuatan kue saja, Anda bisa membuat soda kue untuk menghilangkan jerawat. Soda kue diketahui memiliki manfaat dapat menjadi penyeimbang pH kulit untuk mencegah pertumbuhan jerawat. Tidak hanya sebagai penyeimbang, soda kue juga mampu menjadi antiseptik dan anti-inflamasi untuk mengobati jerawat yang membandel.

Caranya sangat mudah sekali, cukup ikuti langkah berikut ini:

Campurkan 2 sdm soda kue dengan air hingga sampai mengental, selanjutnya bersihkan wajah Anda sebelum menggunakan ke wajah. Dan mulai membalurkan kewajah, tunggu hingga 15 menit.

Perlu diingat menggunakan masker soda kue wajah akan terasa kering, maka Anda boleh mengunakan pelembab wajah.

2. Dengan masker alpukat campur madu

Kita ketahui Alpukat kaya akan vitamin E sehingga dapat menembus pori-pori kulit sehingga dapat meredakan peradangan pada kulit. Sedangkan madu banyak mengandung hidrogen peroksida bersifat anti-bakteri,  dengan mengadukkan kedua bahan ini  mampu menghilangkan bekas jerawat diwajah secara alami dan cepat.

Adapun cara menggunakannya sangat mudah. Ambil setengah bagian alpukat, tumbuk rata hingga menjadi halus, ditambah 1 sdm madu. Selanjutnya bersihkan wajah Anda sebelum menggunakan ke wajah. Dan mulai membalurkan kewajah, tunggu hingga 15 menit.

3. Dengan masker yogurt dan madu

Yogurt mengandung anti bakteri baik, asam laktat, dan asam alfa hidroksi yang bisa membantu menghilangkan sel kulit yang mati akibat penyumbatan pori-pori dan menyebabkan tumbuhnya jerawat. 

Campurkan 1 sdm madu dan 2 sdm yogurt, aduk hingga rata. selanjutnya bersihkan wajah Anda sebelum menggunakan ke wajah. Dan mulai membalurkan kewajah, tunggu hingga 15 menit.

4. Dengan masker lemon

Semua pasti tahu buah lemon banyak mengandung asam askorbat-L yang mampu mengurangi peradangan pada kulit wajah yang berjerawat dan juga dapat membersihkan pori-pori pada wajah yang tersumbat. Lemon juga dapat membuat wajah Anda menjadi cerah, bersih dan menghilangkan noda bekas jerawat.

Caranya pengolahan : Ambil 1 buah lemon, potong hingga menjadi dua bagian setelah itu peras. selanjutnya bersihkan wajah Anda sebelum menggunakan ke wajah. Dan mulai membalurkan kewajah, tunggu hingga 15 menit. Anda juga dapat menambahkan 1 sdm madu ke dalamnya, setelah itu bilas dengan air hangat.

5. Dengan masker jeruk Nipis

Sebenarnya jeruk nipis hampir sama khasiatnya dengan lemon. Caranya pun hampir sama. Potong jeruk nipis jadi dua bagian, peras. 

Campurkan dengan 2 sdm madu. selanjutnya bersihkan wajah Anda sebelum menggunakan ke wajah. Dan mulai membalurkan kewajah, tunggu hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

6. Dengan masker pisang dan kunyit

Pisang kaya akan antioksidan, potasium, dan vitamin E. Kandungan tersebut membuat wajah menjadi lebih cerah dan lembap. Lektin yang juga ada pada pisang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Sedangkan pada kunyit terkandung kurkuminoid yang berkhasiat obat bagi wajah yang meradang.

Cara pengolahannya dengan menghaluskan 1 buah pisang, lalu tambahan setengah sdm bubuk kunyit dan setengah sdm soda kue, aduk hingga rata. selanjutnya bersihkan wajah Anda sebelum menggunakan ke wajah. Dan mulai membalurkan kewajah, tunggu hingga 15 menit.

7. Dengan masker bawang putih

Bawang putih tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur saja namun juga dapat membantu menghilangkan peradangan pada kulit karena bawang putih yang merupakan anti virus, anti jamur, anti oksidan, dan antiseptik sehingga kesehatan kulit akan terus terjaga. Selain itu bawang putih mengandung zat sulfur yang ampuh dalam proses pembasmian jerawat membandel.

Cukup siapkan 1 siung bawang dihaluskan rata, selanjutnya bersihkan wajah Anda sebelum menggunakan ke wajah. Dan mulai membalurkan kewajah, tunggu hingga 15 menit. lalu bilas dengan air hangat.

8.Dengan masker tomat

Tomat kaya akan kandungan vitamin A dan C sehingga baik dan ampuh untullk membasmi jerawat yang membandel. 

Terdapat dua cara menggunakan tomat sebagai masker. Cara pertama adalah dengan mengiris tipis-tipis tomat lalu tutupi wajah dengan irisan tomat. Cara kedua adalah dengan memblender 1 buah tomat lalu bersihkan wajah Anda sebelum menggunakan ke wajah. Dan mulai membalurkan kewajah, tunggu hingga 15 menit.

9. Dengan masker lidah buaya

Anda pasti tahu lidah buaya mengandung sebuah senyawa aktif yang disebut dengan polifenol. Polifenol sendiri berguna sebagai anti-bakteri. Senyawa ini bisa membantu menghilangkan jerawat. 

Caranya adalah dengan mengiris lidah buaya hingga tinggal dagingnya. Haluskan dengan sendok hingga membentuk gel. Lalu oleskan pada bagian wajah. Diamkan selama lebih kurang 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Jika Anda lakukan secara rutin, jerawat pun akan berangsur hilang dan wajar bersih.

10. Dengan masker mentimun

Buah mentimun mengandung air yang tinggi serta vitamin A,B, dan C. Terdapat pula mineral yaitu magnesium, kalium, mangan, dan silika. Mentimun juga memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih bagi wajah. Oleh karena itu buah mentimun sangat manjur sekali untuk membasmi jerawat-jerawat yang membandel. Baca Juga : Solusi Sakit Gigi

Penggunaannya hampir sama dengan tomat. Terdapat dua cara. Cara pertama adalah dengan mengiris tipis-tipis mentium lalu letakkan pada bagian wajah. Dan cara kedua adalah dengan menghaluskan 1 buah mentimun lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit terakhir bilas dengan air hangat.

Subscribe to receive free email updates: